Go to Top

Tips Atasi Putaran Mesin Nissan Serena Tidak Stabil Tanpa Modal

Dalam artikel ini saya ingin membagikan info teraktual mengenai tips atasi putaran mesin Nissan Serena tidak stabil tanpa modal

Pemilik Nissan yang telah mengadopsi sistem throttle by wire seperti Nissan Livina, Juke, March, Evalia dan sebagainya mungkin pernah mengalami putaran idle mesin yang mencapai 1.000 rpm sampai 1.500 rpm, bahkan dalam beberapa kasus, langsamnya naik turun lebih tinggi dari putaran normal yang hanya 700-800 rpm dan biasanya hal tersebut muncul setelah tune up di bengkel umum. Namun Anda tidak usah khawatir, karena hal tersebut lumrah, apalagi jika proses tune up dikerjakan dengan membuka throttle body dan disemprot injector cleaner. Untuk mengembalikan putaran mesin kembali normal ada 2 cara, yaitu menggunakan engine diagnostic tool (engine scanner) yang sudah support untuk idle learning Nissan dan cara manual yang sedikit berbelit-belit tapi murah dan tidak perlu modal alat yang harganya minimal Rp 20 juta

Kalau tahu cara ini, juga dapat menghindari seandainya ada bengkel yang nakal. Ada beberapa customer hampir tertipu bengkel nakal yang langsung menyuruh mengganti throttle body dengan alasan rusak,” ungkap Adam Suryadinata selaku tuner JM Motorsport di bilangan Karang Tengah, Tangerang.

Untuk cara do it yourself, kita akan membahas langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mengembalikan idle ke posisi normal, dimana caranya tidak sulit, tapi harus tepat dan jika salah sedikit, harus kembali mengulang dari awal

Langkah pertama ialah dengan memanaskan mesin terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit sampai suhu kerja mesin tercapai dan pastikan lampu check engine tidak menyala saat memanaskan kendaraan

Soalnya, jika lampunya menyala, prosedur ini tidak dapat dilakukan. Harus dibetulkan dulu apa yang rusak atau mungkin di-reset menggunakan scanner,” lanjut Adam Suryadinata

Pastikan tidak ada beban kelistrikkan seperti AC, lampu-lampu, head unit yang menyala, lalu matikan mesin mobil dengan memutar kunci kontak ke posisi Off. Tunggu selama 10 detik, kemudian putar kunci kontak ke posisi On tanpa menghidupkan mesin. Tunggu 3 detik, kemudian injak penuh pedal gas dan lepaskan injakan kaki dan lakukan berulang-ulang sebanyak 5 kali dalam 5 detik

Langkah berikutnya ialah tunggu 7 detik tanpa menginjak pedal gas, lalu injak pedal gas dan tahan. Dalam 10 detik lampu check engine atau MIL (Malfunction Indicator Light) di cluster harus mulai berkedip. Tunggu 10 detik lagi sambil tetap menekan pedal gas dan lampu check engine akan berhenti berkedip

Segera lepaskan kaki dari pedal gas saat lampu check engine berhenti berkedip, lalu start mobil jika lampu check engine sudah berhenti berkedip. Perhatikan putaran stasioner di cluster, apakah sudah dalam keadaan normal dan jika belum, Anda harus kembali mengulang prosedur dari awal.